Traveling

Panduan Lengkap Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Traveling

Pinterest LinkedIn Tumblr
sazan.me

Tujuan traveling selain untuk sejenak melepas penat seusai berutinitas tidak lain adalah untuk mengabadikan momen seru di tempat-tempat yang pas untuk mengisi feed Instagram kamu. Tentu kamu ingin nampak cantik dan segar ketika mengambil foto di tempat traveling favorit kamu.

Namun, disadari atau tidak, kita justru lupa betapa pentingnya menjaga kesehatan kulit selama traveling. Penyesalan itu kemudian muncul ketika sampai di rumah. Entah itu kulit yang gosong, kering atau pecah-pecah, sampai iritasi. Padahal, ada cara praktis untuk merawat kulit kamu selama traveling agar tidak ada penyesalan selepas traveling.

Yuk, simak apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit selama traveling!

Pelembap
Sebelum menentukan pelembab jenis apa yang perlu dibawa dan digunakan selama traveling, kenali terlebih dahulu suhu tempat tujuan traveling kamu.

Jika tujuanmu adalah tempat bersuhu panas seperti pantai dan dataran rendah lainnya, gunakan pelembap jenis gel yang mudah meresap dan tidak meninggalkan sisa lengket atau berminyak pada kulitmu. Sedangkan, jika tujuan traveling kamu tempat bersuhu dingin seperti gunung dan dataran tinggi lainnya, gunakan pelembap yang bersifat balancing moisturizer, alias menyeimbangkan kadar air dan minyak secara merata di seluruh pemukaan wajahmu.

Tidak hanya wajah, kulit pada tubuh dan bibir juga perlu dijaga. Pelembap pada tubuh dan bibir biasanya digunakan pada tempat bersuhu rendah atau dingin. Hal ini disebabkan kulit menjadi lebih mudah kering karena berkurangnya kadar keringat dalam tubuh. Sedangkan, untuk tempat bersuhu panas, kamu dapat menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit tubuhmu.

Tabir Surya
Pemilihan jenis tabir surya juga perlu memperhatikan suhu tempat tujuan travelingmu. Untuk tempat bersuhu panas dan memungkinkan kulit untuk terpapar sinar matahari yang menyengat, gunakanlah sunblock. Sunblock berfungsi untuk menjaga kulit dari sinar Ultra Violet, baik sinar UVA, yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit, dan sinar UVB yang dapat menyebabkan kulitmu terbakar.

Jika tempat tujuanmu bersuhu dingin, bukan berarti kulitmu tidak akan terpapar sinar matahari. Untuk melindungi kulitmu di daerah bersuhu dingin, kamu dapat menggunakan sunscreen. Sunscreen melindungi kulitmu dari sinar UVA dan memiliki kandungan yang lebih ringan dibandingkan dengan sunblock.

Kamu dapat memilih kandungan SPF pada masing-masing tabir surya tergantung kebutuhan kamu. Kandungan SPF pada produk tabir surya memiliki rentang antara SPF 10 hingga SPF 60. Semakin kecil tingkat SPF, kamu harus lebih sering untuk mengaplikasikan ulang untuk memperlama waktu kamu beraktivitas di bawah terik matahari.

Pembersih Wajah
Tentu penting untuk memakai make-up demi mempercantik paras selama mengabadikan diri selama traveling dengan berfoto. Akan tetapi, perlu diingat bahwa make-up yang berlebihan justru dapat merusak kulit wajahmu terutama jika terkena keringat. Pemakaian make-up dengan jangka waktu yang panjang juga dapat merusak kulit.

Pastikan untuk membersihkan wajahmu setiap sebelum tidur atau setelah traveling. Jangan lupa untuk mencuci wajahmu dengan sabun muka. Sesuaikan dengan produk pilihan yang cocok untuk kamu, ya.

Sheet Mask
Traveling berhari-hari juga dapat membuat kulit wajahmu kelelahan. Gunakan sheet mask untuk menenangkan kulit wajahmu sebelum tidur. Sheet mask sangat praktis untuk dibawa saat traveling dibandingkan dengan masker oles yang ribet penggunaannya. Pastikan juga sheet mask yang kamu pakai sesuai dengan kondisi kulit kamu di tempat traveling.

Kamu dapat menggunakan sheet mask yang mengandung vitamin C atau rice extract atau ektrak lemon untuk mencerahkan kulit kamu yang banyak terpapar sinar matahari. Jika kamu traveling ke perkotaan, gunakan sheet mask yang mengandung charcoal supaya kulitmu bebas dari kotoran, polusi, dan debu. sheet mask ini juga dapat menghilangkan kulit kusam dan berminyak.

Gunakan sheet mask dengan ektrak madu supaya kulit keringmu tetap lembap. Ketika kulitmu mengalami iritasi karena terlalu banyak terpapar sinar matahari, terkena debu, atau hawa yang dingin, gunakan sheet mask dengan aloe vera extract.

Tipe kulit tiap orang berbeda-beda. Jadi, pastikan kamu memilih produk yang tepat untuk perawatan kulitmu agar tetap sehat selama traveling.

Write A Comment

shares