Out of Topic

Perhatikan 9 Hal ini Sebelum Melakukan Pinjaman Online

Pinterest LinkedIn Tumblr

Di tengah kebutuhan hidup yang semakin meningkat, tawaran pinjaman online semakin banyak pula. Hal ini membuat masyarakat memiliki kemudahan untuk mendapatkan dana tambahan dengan cara meminjam. Jadi Anda tidak perlu pergi keluar rumah, mendapatkan nomor antrean, dan melakukan serangkaian proses yang rumit.

Perhatikan 9 Hal ini Sebelum Melakukan Pinjaman Online
cekaja.com

Namun tahukah Anda bahwa saat ini banyak jenis pinjaman online ilegal yang merugikan peminjam? Nah, jika Anda tidak ingin pinjaman yang diajukan ternyata menjadi boomerang bagi diri sendiri, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini,

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Melakukan Pinjaman Online

Demi keamanan Anda, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan menggunakan jasa mereka

1. Legalitas dan reputasi lembaga keuangan

Sebelum menentukan untuk melakukan pinjaman online, Anda perlu memastikan dulu lembaga keuangan, perusahaan, atau aplikasi tempat Anda akan meminjam. Cek dulu legalitas dan reputasi dari tempat tersebut.

Jadi pertama yang perlu Anda lakukan ialah pastikan dulu lembaga keuangan tersebut telah memiliki legalitas atau terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, lembaga tersebut sudah diawasi oleh OJK dan berstatus legal.

Setelah itu, lakukan survei latar belakang dan kepuasan konsumen akan lembaga tersebut. Anda bisa cek ulasan customer di web pribadi biasanya setelah menerima layanan customer akan mengisi ulasan yang bisa dijadikan referensi bagi pelanggan lain. Anda juga bisa bertanya kepada kerabat atau teman yang sudah melakukan transaksi atau menggunakan jasa lembaga tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Apply Kartu Kredit Untuk Gaji 3 Juta

2. Perhatikan besarnya nilai suku bunga

Suku bunga merupakan hal pokok yang pasti ada dalam setiap peminjaman dan dijadikan sebagai ganti atas modal yang telah dipinjamkan. Suku bunga ini berbentuk persentase. Biasanya bunga persentase suku bunga per bulan untuk pinjaman ini sekitar 3 hingga 4%. Tapi banyak juga lembaga yang menentukan jumlah suku bunga yang berbeda.

Nah, bunga ini yang akan memengaruhi jumlah cicilan setiap bulannya. Anda perlu menetapkan dengan jeli lembaga mana yang memberikan otoritas bunga paling rendah dari setiap pinjaman online yang diajukan.

3. Pastikan besarnya cicilan tidak lebih dari 30% penghasilan

Jangan sampai lengah dan tergiur untuk meminjam dalam jumlah banyak, terlebih jika itu adalah kebutuhan konsumtif. Anda perlu memetakan dengan baik kebutuhan yang benar-benar untuk keperluan produktif.

Hitung pula cicilan dari pinjaman dan tanggungan lain yang perlu dibayar. Cicilan yang lebih dari 30% penghasilan bisa jadi memberatkan Anda di kemudian hari.

4. Cari tahu biaya lain di lembaga tersebut

Ternyata tidak hanya perlu tau besarnya bunga pinjaman online, Anda pun perlu riset dan memperhatikan biaya lain yang mungkin ada di lembaga tersebut. Misalnya, dana keperluan administrasi, dana pelunasan biaya di awal, biaya keterlambatan cicilan, dana asuransi, hingga biaya transfer kredit.

Untuk mendapatkan pinjaman online memang tergolong mudah dan praktis, tapi Anda juga perlu menghitung biaya lain yang timbul di kemudian hari.

5. Perhatikan persyaratan pengajuan

Salah satu alasan orang ingin melakukan pinjaman online ialah karena kemudahan yang ditawarkan. Semua orang dari berbagai kota bisa mengajukan pinjaman online cukup berbekal internet. tentunya, setiap lembaga keuangan, fintech, atau bank akan memberikan persyaratan yang berbeda.

Beberapa tempat memberikan persyaratan berupa adanya pekerjaan tetap hingga jaminan surat penting seperti surat pengangkatan pegawai, surat kepemilikan rumah atau tanah, kepemilikan usaha, hingga BPKB kendaraan.

Jangan hanya terkecoh dengan persyaratan yang mudah dalam pinjaman online, karena biasanya suku bunga yang ditetapkan bisa lebih tinggi. Lebih baik untuk memenuhi persyaratan moderat dibandingkan terjerat bunga yang banyak.

Nah, untuk pinjaman online tanpa agunan biasanya mematok persyaratan berupa identitas lengkap, syarat minimal usia, penghasilan yang tetap, dan rekening bank. Ada pula yang memberikan syarat tambahan berupa skor kredit.

6. Membaca kontrak perjanjian dengan teliti

Tidak sedikit orang yang enggan membaca kontrak perjanjian pinjaman online, padahal di dalamnya justru banyak poin penting yang perlu dipahami dengan baik. Baca dengan teliti, jika tidak paham Anda bisa menanyakan.

Pastikan jumlah suku bunga juga tertera di dalamnya. Saat ini banyak lembaga keuangan atau fintech yang memberikan jumlah suku bunga yang tidak wajar pada pinjaman online tanpa adanya pemberitahuan di awal.

7. Selalu ingat untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo

Untuk menghindari jumlah cicilan pinjaman online membengkak, Anda harus selalu ingat untuk membayar sebelum jatuh tempo. Ingatkan melalui alarm, kalender, atau peringatan email dari lembaga keuangan. Setelah menerima peringatan, jangan tunda dan langsung bayar dengan lunas.

8. Lakukan simulasi kredit

Kemudahan dalam melakukan pinjaman online tidak hanya terletak pada registrasi, cara peminjaman, dan pembayaran. Beberapa fitur seperti kalkulator simulasi juga memberikan kemudahan bagi para debitur.

Jadi, debitur bisa menghitung jumlah besaran plafon hingga suku bunga dan cicilan setiap bulannya. Dengan simulasi kredit ini, Anda bisa mengetahui sedari awal dana yang perlu dikeluarkan untuk membayar tagihan pinjaman online ini.

9. Cara pembayaran cicilan

Setiap pinjaman online memberlakukan cara pembayaran cicilan yang berbeda. Misalnya dengan autodebit, teller bank ATM, m-banking, e-banking, maupun minimarket.

Nah, cari cara pembayaran cicilan pinjaman online yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. jika Anda sering ke luar kota, sebaiknya memilih sistem pembayaran via internet banking agar lebih mudah.

Dengan mengetahui dan cek semua hal-hal di atas, keamanan saat melakukan pinjaman online bisa lebih terjamin. Lakukan sebelum melakukan pinjaman ya! Jika masih kurang jelas, Anda bisa mengunjungi layanan cekaja.com untuk mendapatkan informasi terlengkap di link berikut https://www.cekaja.com/pinjaman-online/

Cekaja.com merupakan platform digital yang menyajikan informasi seputar finansial yang lengkap dan terpercaya!

Write A Comment