Category

Sport

Category

Mengatasi rasa bosan selama masa pandemi Covid-19 memang dapat dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari membuat konten video asik hingga memamerkan hasil perjuangan membuat dalgona coffee dan berbagi resep masakan sederhana ala anak kost.

Namun, ketika semua rutinitas penghilang kebosanan itu dilakukan tiap harinya, tubuh malah bisa menjadi kurang sehat. Bagaimana tidak, kebiasaan menatap layar gadget sambil rebahan yang dilanjutkan dengan mencoba semua resep masakan serba susu dan coklat tidak bisa membakar kalorimu begitu saja.

Ketika mengumpulkan niat untuk berolahraga menjadi pudar mengingat betapa berat dan ribetnya jika olahraga dilakukan di dalam rumah, zumba dapat dijadikan alternatif olahraga asik tanpa ribet.

Olahraga yang asik untuk pemula
Untuk kamu yang gemar mendengarkan lagu, kamu dapat mulai memanfaatkan kegemaranmu itu dengan turut menggerakkan badanmu dengan zumba. Zumba merupakan olahraga yang memadukan gerakan tarian sesuai tempo musik bergaya latin.

Jangan takut untuk memulai olahraga ini karena kita dapat menemukan tutorial zumba untuk pemula hingga profesional di berbagai saluran Youtube. Ketika sudah terbiasa dengan beberapa gerakan zumba, lagu yang digunakan dapat dipilih dengan selera musik masing-masing, namun dengan tetap memperhatikan tempo musik standard zumba. Beberapa alternatif lagu yang dapat digunakan untuk zumba antara lain musik latin, hip-hop, cha-cha, salsa, dan dangdut.

Sebagai pemula, ada baiknya zumba dilakukan secara bertahap, yakni 10-15 menit di hari pertama dan waktu tersebut dapat ditambahkan per harinya hingga mencapai 30 menit sampai 1 jam.

Memulai zumba
Mengingat ini adalah olahraga tari, gunakanlah pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat seperti kaus katun yang sedikit ketat. Usahakan untuk tidak memakai pakaian yang dapat mengganggu gerakan-gerakan. Bagi kaum hawa, dapat digunakan tank top atau sport bra. Untuk celana, gunakanlah celana training atau legging. Jangan lupa menggunakan sepatu olahraga atau sepatu yang nyaman untuk bergerak untuk mencegah terjadinya lecet di telapak kaki.

Pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum memulai dan pendinginan sesudah melakukan olahraga ini. Pemanasan dapat meliputi peregangan tubuh bagian lengan, kepala, dan kaki. Imbangi pula dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap sebelum dan sesudah zumba. Air putih juga dapat dikonsumsi saat jeda untuk menghindari dehidrasi.

Perbedaan zumba dengan aerobik
Zumba yang merupakan olahraga kardio ini kerap disamakan dengan olahraga aerobik. Namun, aerobik lebih banyak menggunakan gerakan-gerakan atletik yang terkadang bisa membuat badan pegal-pegal terutama untuk pemula. Berbeda dengan zumba yang lebih mengutamakan gerakan tari yang ringan tapi tetap intens. Tempo yang digunakan zumba juga tidak secepat tempo aerobik dan dapat diatur sesuai selera.

Jika dilihat dari gerakannya, zumba menggabungkan gerakan fitness dan tari yang mudah diikuti. Sedangkan aerobik gerakannya sudah baku, hanya variasinya yang berbeda. Kini, zumba memiliki lebih banyak peminat ketimbang aerobik karena memiliki gerakan yang variatif mengikuti trend tarian dan lagu dari masa ke masa.

Manfaat zumba
Olahraga dengan basic tari ini lebih sering menggunakan gerakan pinggul yang kemudian diikuti dengan gerakan kepala, tangan, dan kaki. Dengan melalukan zumba selama 30 menit, kita dapat membakar 360 sampai 532 kalori.

Manfaat yang dapat diperoleh dengan zumba antara lain dapat membakar lemak, meningkatkan kelenturan tubuh, serta meningkatkan ketahanan tulang belakang seperti otot punggung, bokong, perut, lengan, dan paha. Selain itu, zumba juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Zumba selain bermanfaat untuk kesehatan fisik juga bermanfaat untuk psikis kita. Olahraga yang menyenangkan ini mampu melepaskan kadar stress pada otak.

Jangan remehkan olahraga satu ini karena zumba memiliki penggemarnya tersendiri di seluruh dunia. Bahkan terdapat beberapa perlombaan zumba, mulai dari kategori anak-anak hingga lansia. Perlombaan ini dapat diikuti baik perorangan atau individu maupun kelompok.

Zumba merupakan olahraga alternatif yang dapat dilakukan di mana saja, salah satunya di rumah. Olahraga yang penuh manfaat ini juga asik dan menyenangkan untuk membunuh kebosanan selama masa pandemi ini.

Sudah siapkah kamu untuk berolahraga zumba hari ini?