Category

Traveling

Category

instagram.com/tryanha

Bagi yang suka naik gunung pasti kangen kapan bisa mendaki kembali. Kini ada satu cara untuk menuntaskan hasrat itu dengan virtual tour gunung dan saat ini ada beberapa gunung bisa dipilih.

Empat destinasi pendakian yang bisa dipilih dalam virtual tour gunung adalah Gunung Rinjani, Gunung Prau, Gunung Semeru, dan Gunung Papandayan. Gunung-gunung yang menjadi favorit pendaki ini bisa kamu dapati cukup di rumaha saja.

Baca juga: Panduan Lengkap Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Traveling

Event menarik ini digagas oleh Main Outdoot sebagai salah satu komunitas yang bergerak di wisata alam. Mereka ingin mengajak para pendaki gunung yang kangen bagaimana proses mendaki hingga berada di puncak gunung.

Saat ini yang ditawarkan baru sebatas 4 trip virtual tour gunung yang dilaksanakan tiap sabtu malam minggu. Untuk trip pertama di mulai Sabtu, 30 Mei 2020 dengan tujuan Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya pada Sabtu (6/6/2020) malam Minggu peserta diajak mendaki Gunung Prau, Jawa Tengah. Meski gunung ini tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu menantang tapi gunung ini tawarkan keindahan panorama alam yang luar biasa.

Setelah itu Sabtu (13/6/2020) bagi yang ingin ke Gunung Semeru jangan sampai terlewatkan. Durasi pendakian yang panjang dan bisa berhari-hari ini akan diselesikand alam durasi 2 jam saja. Terakhir pada Sabtu (20/6/2020) trip akan di akhiri dengan berada di Gunung Papandayan Jawa Barat.

Mendaki gunung secara virtual ini akan dipandu oleh mereka yang memang ahli dibidangnya. Tak hanya melintas di jalur pendakian tapi para peserta juga akan mendapat berbagai materi menarik terkait dengan proses pendakian yang aman dan nyaman.

Baca juga: Panduan Traveling bagi Kaum Hawa

Virtual tour gunung ini dibagi 2 paket yakni paket reguler untuk personal, dan paket private untuk keluarga, grup atau komunitas. Bila kamu ambil paket reguler cukup rogoh kocek Rp 50.000,- untuk satu destinasi.

Sementara itu untuk paket private masih terbagi 3 grup dengan kategori small 3-15 peserta akan dikenakan Rp 500.000,- untuk 1 destinasi. Paket medium 16-50 peserta akan dikenakan Rp 2.000.000,- per destinasi dan large group 51-100 peserta akan dikenakan Rp 4.000.000,- per satu kali trip.

Biaya yang sangat terjangkau tentunya dibanding harus keluar ratusan ribu hingga jutaan rupiah bila harus mendaki gunung secara langsung. Dalam tiap sesinya panitia juga akan memberikan bonus berupa tips, tricks, informasi, edukasi, games seru dan doorprize bagi yang beruntung.

Bagi kamu yang tertarik bisa langsung join ke instagram @mainoutdoor untuk melihat informasi menarik lainnya.

Paling menarik dengan mengikuti kegiatan ini setidaknya bisa melakukan pemanasan dan persiapan bila kelak akan naik gunung apa yang harus dipersiapkan. Bukankah tiap gunung memiliki karakter dan tingkat kesulitan berbeda.

Di tiap titik pendakian kita pun setidaknya akan mengetahui ada apa saja di sana. Sangat sayang tentunya bila ada spot menarik dan terlewatkan karena tidak ada informasi detail.

Salah persiapan bisa jadi akan berakibat fatal bukan.