Out of Topic

Mereka yang Diuntungkan Dengan Transaksi Digital

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pandemi belum berakhir dan setiap orang seyogyanya menjaga kesehatan diri dengan mengurangi kontak atau bersinggungan dengan orang lain. Terutama sebagai ibu rumah tangga dimana belanja bisa menjadi tugas utama dan kebutuhan sehari-hari. Alihkan semua cara konvensional dengan transaksi digital karena tawarkan sejumlah kelebihan.

Mereka yang Diuntungkan Dengan Transaksi Digital
bank indonesia

Bila dahulu transaksi atau jual beli hanya bisa dilakukan dengan uang tunai maka kini tidak lagi. Teknologi memudahkan segalanya dan saat ini transaksi digital telah menjadi gaya hidup.

Saat ini semua hal sudah bisa dilakukan kapan pun dimana pun. Bermodal smartphone dan sedikit ketrampilan dalam literasi digital maka semua kian mudah.

Baca juga: Rekomendasi Apply Kartu Kredit untuk Gaji 3 Juta

Pandemi Tingkatkan Transaksi Digital

Saya pun jujur, sebagai ibu rumah tangga selama hampir satu tahun terakhir ini lebih banyak menggunakan transaksi digital daripada konvensional. Bukan hanya saya saja tapi pastinya jutaan emak-emak di seluruh penjuru negeri.

Corona virus membuat siapa saja untuk lebih banyak di rumah. Bila dulu belanja online bisa jadi sesuatu yang tak biasa. Tapi kini dalam satu pekan saja saya bisa belanja online 2 atau 3 kali. Sangat praktis, mudah dan menyenangkan tentunya.

Paling sederhana, bila dulu ingin makan ayam goreng maka harus datang ke gerai. Tapi kini tidak lagi, sudah ada aplikasi sejenis Go Food dan Grab Food yang mudahkan semua itu.

Sangat praktis dan semua pihak sangat diuntungkan dengan adanya transaksi digital. Terlebih saat ini masih banyak merchant yang memberikan diskon hingga 30%. Siapa yang bisa menolak bukan, sudah harga lebih murah, kualitas sama ditambah diskon lagi.

Baca juga: Turunkan Gaya Hidup Sebelum Kamu Hancur

Simbiosis Mutualisme itu Nyata

Mereka yang tidak siap menghadapi ekonomi digital sudah pasti akan ditinggalkan. Pemilik usaha pun dengan adanya transaksi digital juga akan lebih dimudahkan.

Bagaimana mereka bisa mengatur arus uang keluar masuk. Memudahkan pencatatan sehingga bisa langsung dihitung laba rugi. Hal ini karena transaksi digital telah terintegrasi dengan pembukuan.

Garansi pastinya, semua hal dalam sendi kehidupan akan lebih praktis dan mudah. Menggunakan fasilitas transaksi digital pun sangat mudah. Bahkan anak SMP pun bisa menggunakan dengan lancar tanpa harus ditraining dalam waktu lama.

Transaksi digital juga sangat disarankan untuk mencegah paparan corona virus. Dimana antara pembeli dan penjual tidak ada kontak langsung karena adanya pertukaran uang cash.

Dan berikut apa yang saya rasakan sebagai ibu rumah tangga dengan adanya transaksi digital:

1. Mudah dan Praktis

Satu hal yang paling digandrungi semua orang tanpa kecuali adalah kata mudah dan praktis. Apapun itu tanpa 2 hal ini sudah pasti akan ditinggalkan.

Semua orang harus bisa beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman. Mereka yang ngotot tetap bertahan dengan cara-cara konvensional sudah pasti tersisih.

Contoh paling mudah dan ditemukan sehari-hari dalam perilaku ini tentu saja saat menggunakan jalan tol. Kini, khususnya di ibu kota tidak ada lagi petugas tol yang akan memberikan karcis atau memberikan uang kembalian.

Seluruh pengguna jalan raya cukup menempelkan kartu elektronik sebagai alat pembayaran dan secara otomatis akan mengurangi saldo. Setelah itu akan keluar struk atau bukti pembayaran.

2. Aman

Seperti yang sudah saya ceritakan diatas dimana saya seringkali kehilangan uang. Padahal ingat betul uang kertas itu kalau tidak di dompet ya di tas. Namun faktanya saat akan digunakan ternyata uang tersebut tidak ada.

Dengan transaksi digital dimana kita cukup menggunakan smartphone dan scan maka cenderung akan lebih aman. Tidak ada cerita uang akan berpindah tangan bila kita tidak memberikan kode tersebut.

3. Promo Melimpah

Favorit kaum hawa tentunya, dimana transaksi digital itu menawarkan promo yang begitu melimpah. Selalu saja ada gimmick yang mereka siapkan untuk memaksa para emak-emak untuk belanja. Seringkali yang ada kemudian kita sebagai ibu rumah tangga membeli bukan atas dasar kebutuhan tapi lebih karena promo ditawarkan.

4. Proses Cepat

Kita semua pastinya pernah mengalami pengalaman kurang menyenangkan saat belanja dengan uang tunai. Dimana bisa jadi toko tidak memiliki kembalian atau ada yang paling parah diberikan permen sebagai pengganti.

Cara ini jelas dilarang pemerintah dan mereka biasanya hanya mencari cara mudahnya saja. Bila tidak ada kembalian maka ada opsi permen atau disumbangkan.

Lain cerita bagi mereka yang terbiasa menggunakan transaksi digital. Tidak ada cerita uang lebih atau selisih karena ini pastinya akan merugikan salah satu pihak.

Dengan cara ini maka saya cukup membayar sejumlah uang persis sesuai dengan harga. Semisal harganya Rp 98.999,- maka saya hanya akan membayar sejumlah tersebut. Tidak lebih dan tidak kurang.

5. Semua Bisa

Percaya atau tidak teknologi memudahkan segalanya. Belasan tahun lalu untuk belanja itu harus datang ke tempat (pasar) dan ada proses tawar menawar. Tapi kini tidak lagi, cukup berdiam diri dan ada di rumah kita pun bisa dapatkan semua yang dibutuhkan.

Tidak ada lagi ritus tawar menawar karena harga yang ditawarkan begitu menggiurkan. Sangat jarang atau bisa dibilang tidak akan ada penjual yang menjajakan barang dagangan diatas rata-rata.

Bila ada sudah pasti akan ditinggalkan karena kini calon pembeli bisa memilih dari ratusan atau ribuan lapak yang ada. Cukup menjadi pembeli yang cerdas maka barang murah dan berkualitas akan didapat.

6. Mengairahkan Ekonomi Digital Nasional

The power of emak-emak itu pastinya satu sumber daya yang luar biasa. Dimana bila seluruh emak-emak yang ada di nusantara beralih ke transaksi digital pastinya juga akan menggerakkan roda ekonomi nasional.

Mereka yang bisa menggunakan teknologi ini bukan hanya pemain besar. Kini mereka yang cukup melek teknologi jualan cilok pun sudah bisa menggunakan QR Code sebagai metode pembayaran.

QRIS sebagai Metode Pembayaran Terbaik

Metode pembayaran menggunakan QR ini telah gencar dilaksanakan sejak sejak beberapa tahun yang lalu. Dimana Bank Indonesia memiliki QRIS yang bisa digunakan untuk semua merchant di sekitar kita. Metode pembayaran ini terbukti ampuh membantu siapa saja yang menggunakan.

Dengan jargon UNGGUL yang merupakan kependekan dari Universal yang mana metode ini bisa diterapkan dimana saja. Gampang dimana semua orang pastinya bisa menggunakan. Untung dimana satu kode untuk semua transaksi dan Langsung dimana sukses atau tidaknya transaksi langsung diketahui.

Dengan sejumlah kelebihan diatas sudah pasti transaksi digital menjadi solusi untuk semua pihak. Hal ini karena sama-sama diuntungkan tanpa kecuali bagi para ibu-ibu rumah tangga tentunya.

Write A Comment