Culinary

Berkunjung ke Pasar Kreatif LARIS MANIS 2023

Pinterest LinkedIn Tumblr
Berkunjung ke Pasar Kreatif LARIS MANIS 2023

Di pengujung tahun 2023 ini, Taman Budaya Yogyakarta dengan didukung oleh Dinas Kebudayaan Yogyakarta, menyelenggarakan sebuah event seni yang diberi nama Pasar Kreatif LARIS MANIS. Event ini diadakan di lokasi yang merupakan eks Kampus Stieker, yang beralamat di Jalan Parangtritis Km. 3, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai hari Jumat, 24 November 2023 hingga hari Minggu, 26 November 2023, dari pukul 15:00 WIB sampai pukul 22:00 WIB.

Saya saat mengunjungi salah satu stand pameran seni budaya, Kembang Jati Art House, saat event Pasar Kreatif LARIS MANIS 2023. (Foto oleh Ika Cahyaningsih)

Pada saat Hari Pertama, yaitu pada hari Jumat, 24 November 2023 tersebut, saya berkesempatan untuk menghadiri upacara pembukaan event Pasar Kreatif LARIS MANIS ini. Acara yang dipandu oleh MC kak Gundhisos ini berlangsung meriah pada pukul 16:00 WIB sampai sekitar pukul 17:30 WIB.

Pasar Kreatif LARIS MANIS ini sendiri diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY dan Taman Budaya Yogyakarta bekerja sama dengan Pemerintah Daerah DIY untuk mewujudkan sebuah pasar kreatif ataupun pasar seni dalam rangka mengakomodasi kebutuhan para pelaku seni budaya di Jogjakarta, dengan cara salah satunya adalah dengan memanfaatkan ruang milik Pemda DIY yang belum terkelola dan termanfaatkan secara baik, untuk kemudian difungsikan sebagai pasar apresiasi dan ekspresi seni. Dan itu adalah lokasi dimana diadakannya Pasar Kreatif LARIS MANIS ini, yakni di kawasan ruang terbuka Eks Kampus Stieker, Bantul, DIY.

Ibu Dian Lakshmi Pratiwi, SS. M.A., Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, didampingi oleh Ibu Purwiati, Kepala Taman Budaya Yogyakarta (TBY), dan diiringi oleh kelompok komunitas VERTIGONG yang dikomandoi oleh Purwanto, saat pembukaan Pasar Kreatif LARIS MANIS 2023. (Istimewa)

Pasar Kreatif LARIS MANIS ini mengedepankan pameran seni dari para pelaku industri kreatif dan budaya di seputaran Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai dari seni kriya, seni kerajinan, seni rupa, seni kuliner, seni pertunjukan, dan sebagainya. Kalau saya bilang sih, Pasar Kreatif LARIS MANIS ini tuh mirip dengan Penyelenggaraan FKY (Festival Kesenian Yogyakarta) dalam skala yang lebih kecil. Dimana Pasar Kreatif LARIS MANIS ini dengan FKY, sama-sama menyelenggarakan pameran kesenian industri kreatif dan budaya, dalam bentuk stand-stand kreatif.

Dengan berlokasi di Eks Kampus Stieker, yang relatif mudah dijangkau, Pasar Kreatif LARIS MANIS –yang mempunyai tagline “Yang Pasti Laris, Ya Manis”- ini diharapkan oleh pihak panitia penyelenggaranya, supaya dapat menarik minat masyarakat di seputaran Yogyakarta, untuk berkunjung ke event pameran industri kreatif yang baru pertama kali diadakan ini.

Dengan sedikit mengutip dari pers rilis yang saya terima, mengapa event ini menggunakan tajuk LARIS MANIS, bahwa frasa “Laris manis’ yang menjadi idiom masyarakat Indonesia ini mengandung pengharapan akan keberuntungan dan kelancaran khususnya dalam hal perniagaan. Sehingga diharapkan, bahawa para pelaku seni budaya industri kreatif yang berkolaborasi pada event Pasar Kreatif LARIS MANIS ini juga akan laris karya-karyanya. Para pengunjung yang datang –seperti saya-, juga diharapkan dapat ikut serta mendapatkan keberkahan dari laris manis-nya karya para pelaku seni budaya industri kreatif ini.

Pada penyelenggaraan event Pasar Kreatif LARIS MANIS tahun 2023 kali ini, terdapat berbagai kegiatan, antara lain Panggung Laris, Pasar Seni & Kerajinan, Pasar Kuliner, Permainan Interaktif, Lokakarya, dan Game Barbar. Selain itu, untuk memeriahkan penyelenggaraannya, Pasar Kreatif LARIS MANIS 2023 juga mempersembahkan panggung hiburan yang ditujukan kepada beberapa seniman untuk bisa menampilkan talenta terbaik mereka, baik seni musik, pantomim, ataupun tari. Di antaranya adalah Sanggar Seni Sekar Kinanthi, Malmimeja, Kancil Art Dance, dan masih banyak lagi. Beberapa kelompok musik juga tak ketinggalan dalam meramaikannya, di antaranya Sangkakala, Pendhoza, Jumat Gombrong, The Produk Gagal, Horockoncong, dan lain-lain.

Penampilan musikus Pandika Kamajaya, yang berkolaborasi dengan kelompok B’Friends Keroncong dan penyanyi Fani Ellen, pada Hari Pertama Pasar Kreatif LARIS MANIS 2023. (Istimewa)

Saya sendiri pada saat penyelenggaraan Hari Pertama Pasar Kreatif LARIS MANIS ini menikmati sajian musik dari musikus berbakat, Pandika Kamajaya, yang kemudian disusul oleh penampilan musik keroncong dari kelompok B’Friends Keroncong dan penyanyi Fani Ellen. Oh ya, saya juga menikmati beberapa jajanan yang disediakan di sana, seperti Gorengan Dinosaurus Goreng, Es Teh Jumbo, Ayam Geprek, dsb. Acara berlangsung cukup meriah dengan suasana outdoor dan senja yang syahdu manja.

Semoga acara-acara yang turut memajukan dunia seni budaya dan industri kreatif seperti Pasar Kreatif LARIS MANIS ini bisa semakin sering terselenggara di Yogyakarta ya.

Pasar Kreatif LARIS MANIS 2023
Infomasi:
Instagram, TikTok dan X : @larismanistenan
Surel : larismanistenan@gmail.com
Komunikasi (CP):
– Utroq Trieha (0 8989 8686 12)
– Desi Puspitasari (0857 0857 4637)
Pasar Kreatif LARIS MANIS diselenggarakan oleh Taman Budaya Yogyakarta dan didukung oleh Dinas Kebudayaan DIY.
Galeri:


Comments are closed.