Out of Topic

Penganggaran Keuangan Keluarga-mu Untuk Asuransi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Di era saat ini, sudah bukan hal baru kita menyiapkan asuransi untuk memberikan perlindungan bagi keluarga. Terutama di era melek finansial seperti sekarang ini, dimana masyarakat mulai paham pentingnya asuransi dan tentunya dibutuhkan penganggaran keuangan keluarga.

Penganggaran Keuangan Keluarga-mu Untuk Asuransi
pixabay.com

Hal ini tampak dari data yang didapatkan dari OJK, yang menunjukkan bahwa klaim asuransi di kuartal pertama 2021 naik 4,5%. Tentunya hal ini tidak luput dari kebutuhan akan jaminan sosial serta literasi keuangan di masyarakat yang meningkat.

Namun, apakah kamu sendiri sudah menganggarkan keuangan keluargamu untuk asuransi? Berikut ini adalah tips untuk kamu dalam memilih dan penganggaran keuangan untuk produk asuransi!

Kalkulasikan Anggaran

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentunya menghitung jumlah pemasukan dan pengeluaran bulanan yang kamu miliki. Perkirakan besar dana yang dapat kamu gunakan untuk membayar premi asuransi.

Namun, kamu juga perlu menyisihkan uang yang kamu miliki untuk dana darurat dan investasi. Premi asuransi memiliki besaran yang berbeda-beda tergantung pada jumlah uang pertanggungannya.

Perkirakan Risiko yang Kamu Miliki

Sebelum menentukan produk asuransi yang kamu miliki, kamu harus perkirakan risiko yang kamu miliki. Terdapat dua jenis risiko, yakni passive risk dan active risk.

Kamu dapat melihat riwayat kesehatan yang kamu miliki apakah kamu pernah mengalami penyakit parah. Apakah ada riwayat penyakit genetik di keluarga kamu, atau apakah kamu bekerja pada bidang pekerjaan yang memiliki risiko kesehatan yang tinggi.

Kamu juga bisa mereview gaya hidup yang dimiliki. Selain itu, kamu juga bisa melihat apakah kendaraan kamu memiliki risiko tersendiri atau tidak.

Dengan melakukan ini kamu bisa menentukan produk asuransi yang memang kamu butuhkan sehingga produk asuransi yang kamu miliki tepat guna.

Pilih Produk Asuransi Sesuai Kebutuhan

Setelah kamu mengevaluasi risiko yang kamu miliki kamu mulai bisa menentukan produk asuransi yang sesuai kamu butuhkan. Terdapat banyak jenis produk asuransi yang kamu pilih.

Misal berdasarkan evaluasi yang kamu lakukan sebelumnya. Ternyata risiko kesehatan yang kamu miliki cukup tinggi maka kamu bisa memilih asuransi kesehatan.

Apabila kamu memiliki kendaraan, seperti mobil, kamu juga bisa memilih produk asuransi mobil yang sesuai dengan risiko yang kamu miliki. Karena kamu juga sudah menghitung cash flow yang kamu miliki kamu tentu bisa menentukan produk asuransi yang sesuai dengan anggaran kamu.

Saat ini sudah banyak produk asuransi dengan premi yang affordable. Apabila kamu ingin memiliki asuransi kesehatan tapi anggaran yang dimiliki tidak cukup besar, kamu bisa memiliki asuransi kesehatan murah yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, begitu pula dengan produk asuransi yang lain.

Kamu bisa langsung cek situs perusahaan produk asuransi. Cari informasi sedetail mungkin terkait apa saja yang harus diketahui sebelum memutuskan membeli polis asuransi.

Riset Mengenai Perusahaan Asuransi

Setelah kamu menentukan produk asuransi yang ingin digunakan. Maka kamu ada baiknya untuk melakukan riset perusahaan asuransi yang menawarkan produk-produk asuransi yang kamu ingin gunakan.

Riset yang bisa kamu lakukan bisa meliputi mencari tahu manfaat yang berbeda dari banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa asuransi. Mulai dari review pengguna, mekanisme pendaftaran sampai dengan proses klaim.

Dengan mencari tahu hal tersebut, kamu bisa menentukan perusahaan mana yang menawarkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya hal ini akan mempermuda dalam mengenal penyedia jasa asuransi sehingga tidak takut menggunakan jasa dari perusahaan asuransi bodong.

Nah, itulah tips-tips yang dapat digunakan dalam penganggaran keuangan keluarga untuk asuransi. Jangan sampai kamu tidak menyediakan dana untuk menggunakan asuransi, karena banyak sekali manfaat yang didapat untuk kedepannya!

Write A Comment