Out of Topic

Pelajari Cara Melakukan Perawatan Pada Pompa Vakum

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pompa vakum adalah suatu alat yang biasanya digunakan untuk mengeluarkan gas pada suatu ruangan sehingga pada ruangan tersebut kondisinya hampa atau kedap udara. Agar alat ini senantiasa bisa digunakan sewaktu-waktu tentu membutuhkan perawatan pada pompa vakum.

Pelajari Cara Melakukan Perawatan Pada Pompa Vakum
bengkelsejati.co.id

Ada banyak sekali tipe dari pompa vakum ini. Setiap tipenya perlu dilakukan perawatan sehingga dapat digunakan dengan baik. Sama seperti pompa vakum Atlas Copco, apabila terjadi kerusakan atau memerlukan perbaikan perlu menghubungi service Atlas Copco vacuum pump.

Dalam melakukan perawatan pada pompa vakum ini perlu sekali dijadwalkan secara rutin. Penjadwalan perawatan ini bertujuan agar kamu menjadi disiplin dalam melakukan perawatan.

Perawatan Pada Pompa Vakum

Dengan adanya penjadwalan secara rutin ini akan mengingatkan kamu mengenai apa saja yang harus dilakukan.

Berikut adalah jadwal rutin yang dapat kamu lakukan untuk perawatan pompa vakum.

● Jadwal pertama adalah untuk jadwal harian perawatan pada pompa vakum. Pompa vakum perlu dirawat setiap harinya agar tetap terjaga kualitasnya atau kinerjanya. Untuk perawatan harian ini yang perlu kamu lakukan adalah dengan memeriksa oli dan minyak pompa. Apakah masih tersedia atau sudah habis.

● Jadwal kedua adalah jadwal mingguan untuk perawatan pompa vakum. Pada perawatan mingguan pompa vakum ini kamu perlu memeriksa apakah terdapat kebocoran pada saluran – saluran yang ada.

Apabila terjadi kebocoran pada saluran maka kamu perlu segera menghubungi service Anlet blower untuk memperbaikinya. Dengan pengecekan rutin mingguan ini diharapkan saat terjadi kerusakan dapat segera ditangani sehingga tidak terjadi kerusakan pada bagian lainnya akibat kerusakan awal.

● Jadwal ketiga adalah jadwal bulanan untuk melakukan perawatan pompa vakum. Pada jadwal bulanan ini yang harus kamu lakukan adalah mengganti saringan knalpot.

● Jadwal keempat yaitu jadwal rutin untuk pengecekan selama 6 bulan sekali. Pada jadwal rutin keempat ini yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan apakah ada kotoran pada pompa.

Kamu perlu membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. Sehingga kinerja pompa vakum tidak akan terganggu karena adanya kotoran yang menempel.

Perawatan di atas sangat dibutuhkan karena biasanya ada saja kerusakan yang terjadi pada pompa. Kerusakan yang biasanya terjadi adalah kebocoran pada pipa. Banyak sekali hal yang dapat mengakibatkan kebocoran terjadi.

Selanjutnya ada juga kerusakan pada pompa itu sendiri. Selain pipa, pompa juga bisa mengalami kebocoran. Apabila terjadi kebocoran pada bagian tersebut dapat diperbaiki dengan las.

Kerusakan yang lain terjadi akibat terkena cairan. Pompa vakum ini tidak dapat terlalu lama dan sering terkena cairan. Karena akan membuatnya cepat rusak.

Jenis Pompa Vakum

Ada beberapa jenis dari pompa vakum yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah jenis pompa vakum yang populer dan harus kamu ketahui.

● Pertama ada pompa pemindahan positif. Pompa vakum jenis ini bekerja secara terus – menerus tanpa henti untuk memperluas rongga sehingga gas dapat mengalir ke luar dengan mudah. Pompa jenis ini sangat cocok untuk membuat vakum rendah.

● Kedua adalah transfer momentum. Pompa vakum jenis ini juga dikenal dengan pompa molekuler. Pompa jenis ini memiliki kecepatan yang tinggi dalam memindahkan gas ke luar ruangan. Untuk kamu yang membutuhkan pompa vakum berkecepatan tinggi maka dapat menggunakan pompa transfer momentum.

● Pompa regeneratif. Pompa jenis ini merupakan pompa dengan konsumsi daya yang cukup besar. Pompa jenis ini biasanya digunakan dalam industri manufaktur.

Nah tadi adalah beberapa jadwal rutin untuk merawat pompa vakum dan jenis dari pompa vakum. Apabila terjadi kerusakan dan memerlukan perbaikan dapat menghubungi PT Intidaya Dinamika Sejahtera.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Write A Comment