Out of Topic

Salah Bila Ilmu Psikologi Itu untuk Orang Lain

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ilmu psikologi menjadi salah satu ilmu yang paling saya minati. Bukan hanya sebatas melihat, mendengar dan merasakan dari alam sekitar. Tapi ilmu psikologi secara khusus saya pelajari di kampus dan di dunia kerja.

Bila sudah biasa bertemu mereka yang tinggal di kota maka sekali-kali pergilah ke desa. Ada banyak hal bisa diambil dari mereka tanpa mereka sadari telah memberi.

Dalam prakteknya tak seindah teori dimana dalam aplikasinya bisa berubah tanpa diduga. Seringkali muncul hal-hal yang jauh di pikirkan. Namun demikian tak mengurangi minat untuk belajar dan menggali informasi.

Psikologi untuk anda, demikian anekdot yang sering muncul. Dimana kita yang belajar dan bekerja tapi dimanfaatkan untuk orang lain. Anggapan tersebut seratus persen salah, dengan lantang dapat dikatakan ilmu apapun itu seribu persen untuk individu yang mempelajarinya.

Tak ada ilmu untuk orang lain, pun demikian ilmu psikologi bukan untuk yang lain. Paling menarik dari ilmu paling tua setelah filsafat in adalah korelasi dengan ilmu lainnya.

Semisal dalam dunia fisika kita sering mendengar hukum kekekalan energi di mana energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Demikian pula dalam ilmu psikologi kita bisa menerapkan konsep tersebut.

Seringkali dalam kehidupan sehari-hari kita stres atas pekerjaan dan membuat kita uring-uringan atau marah-marah. Sikap tersebut dapat diartikan sebagai energi lain yang disalurkan.

Oleh karena itu bila kita sedang stres harus menyiapkan cara untuk melampiaskannya. Bagi saya pribadi cara paling mudah mengurangi stres tentu saja dengan menulis. Apapun itu bentuknya, apapun yang ada dalam isi otak kepala akan dilepaskan dalam bentuk tulisan.

Katarsis demikian istilah dalam dunia psikologi. Katarsis dalam bahasa Yunani berarti pembersihan. Bagi saya sendiri katarsis adalah satu cara mengeluarkan energi negatif.

Adajuga yang pergi ke gunung atau pantai dan meluapkan amarah. Tapi cara itu tentu tak elegan dan bisa dikira orang gila bila ada yang lain melihat.

Oke, kalau saya sudah memilih menulis sebagai katarsis dan ilmu psikologi itu saya dapat di kampus dan dunia kerja. Maka kalau boleh tahu apa yang kamu lakukan bila ingin meluapkan energi negatif.

Boleh tulis di kolom komentar untuk kita diskusikan ya

Write A Comment

shares