Out of Topic

Tanda-tanda Kucing Sehat dan Bahagia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi pecinta hewan khususnya kucing mungkin tidak akan kesulitan mengenali tanda-tanda kucing sehat dan bahagia. Dengan mengetahui tanda-tanda ini maka kita sebagai pemilik akan merasa lebih tenang.

tanda kucing sehat dan bahagia
pixabay.com

Jangan sampai kita tidak memahami tanda-tanda kucing sehat dan bahagia itu ada di depan mata dan tidak menyadari. Saya percaya betul energi positif akan terus menyebar sekalipun itu berasal dari hewan.

Terutama bila hewan itu ada di depan mata dan pastinya kita akan merasa sangat bersalah bila mereka tidak dalam kondisi terbaik. Untuk menjawab semua pertanyaan itu ada baiknya lakukan beberapa hal kecil untuk mengetahuinya.

Kucing Sehat dan Bahagia itu Harus

Salah satu hewan yang cukup dekat dengan manusia sudah pasti kucing. Sejak zaman dulu hewan yang satu ini bisa hidup berdampingan dengan siapapun.

Ada juga kawan yang hidup pas-pasan. Bisa jadi untuk makan daging bukan menu andalan setiap hari. Namun siapa sangka untuk beberapa kucing yang ada di rumahnya justru ia tak segan membelikan makanan khusus untuk kucing.

Bahkan Nabi Muhammad SAW pun konon tak rela membangunkan kucing kesayangannya saat akan shalat. Hal itu menjadi warning bagi kita bahwa kucing mendapat satu tempat istimewa bagi pemiliknya.

Tak jarang pula kita melihat kucing menjadi teman setia bagi pemiliknya. Bukan sakadar alat untuk mengusir tikus, lebih dari itu kucing sangat efektif untuk menciptakan rasa tenang dan nyaman.

Oleh karena itu menjadi kewajiban bagi pemilik atau siapapun itu untuk turut bertanggung jawab. Memastikan kucing sehat dan bahagia itu menjadi sebuah keharusan.

Tanda-tanda Kucing Sehat dan Bahagia

Untuk memastikan kucing baik-baik saja atau dalam bahasa sederhana sehat dan bahagia maka perhatikan betul-betul fisiknya. Selain itu jangan ragu pula untuk memperhatikan fesesnya.

Tak ubahnya manusia, tanda-tanda itu pun juga akan terlihat dengan jelas semisal:

1. Perilaku Manja dan Mengemaskan

Kucing yang sehat dan bahagia perilakunya akan sangat berbeda dengan kucing sakit dan tertekan. Ingat kucing adalah cerminan pemiliknya dan kewajiban untuk membahagiakan itu harus ada.

Kucing yang sehat akan berperilaku layaknya manusia sehat dimana kucing akan bebas berekspresi. Berjalan ke sana ke mari dan melakukan serangkaian aktivitas.

Tidak ada tanda-tanda agresivitas atau pun “klemar-klemer” menunjukkan kucing dalam kondisi terbaik. Namun bila ada sifat itu muncul maka ada baiknya perhatikan pola komunikasi dengan kucing.

2. Perhatikan Mulut, Hidung, Mata, Kuping, Tubuh hingga Anus

Kucing yang sehat akan memiliki tubuh yang mulus. Kucing yang tidak sehat akan terlihat pada mulut dan hidung yang muncul ingus atau ada kotoran yang menempel.

Selain itu pastinya akan muncul bau tidak sedap. Bukan hanya kita yang akan merasakan tapi kucing tersebut pasti juga akan merasa tersiksa.

3. Nafsu Makan yang Baik

Tak beda dengan kita, kucing yang sehat dan bahagia pun akan memiliki nafsu makan yang baik. Hal ini bukan hanya membuat kucing tetap sehat tapi pastinya akan merasa lebih bahagia karena ketercukupan nutrisi dan asupan tubuh.

Penting pula bagi pemilik untuk mengecek dan memastikan kucing yang ada merasa kenyang. Paling mudah usai makan cek tempat tersebut dan ada sisa makanan atau tidak.

Bila tanda-tanda itu nampak jelas maka sudah hampir bisa dipastikan kalau kucing kita sehat dan bahagia. Namun bila masih merasa tidak yakin ada baiknya konsultasi ke dokter hewan terdekat.

Saat konsultasi bukan hanya melakukan pengecekan semata. Lebih dari itu juga ada baiknya tanya kan apa saja yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari untuk memastikan kucing senantiasa sehat dan bahagia.

Write A Comment