Traveling

Tips Memilih Koper untuk Traveling yang Tepat

Pinterest LinkedIn Tumblr
Tips Memilih Koper untuk Traveling yang Tepat

Saat ini ada banyak merk koper yang bisa dipilih dan dijadikan teman traveling. Namun sebelum benar-benar memutuskan koper mana maka ada baiknya ketahui dulu beberapa tips memilih koper untuk traveling yang tepat dan bagus.

Tips Memilih Koper untuk Traveling yang Tepat
godsavethepoints.com

Dikatakan bagus itu bukan berarti kuat atau kokoh saja. Lebih dari itu juga harus memberi rasa aman dan mudah dibawa bepergian. Terutama bagi kamu yang enggan backpacker maka koper yang bagus tentu sebuah keharusan.

Pada umumnya, koper bila dilihat dari ukuran atau volume akan terbagi menjadi 3 jenis. Mulai dari ukuran kabin dengan tinggi koper 18″ (45 cm) hingga 20″ (50 cm), medium dengan tinggi koper 22″(55 cm) hingga 26″ (66 cm) dan large dengan tinggi koper 28″(71 cm) hingga 30″ (76 cm).

Tips Memilih Koper untuk Traveling

Koper menjadi satu alat bantu yang sangat penting saat traveling dan sebisa mungkin memudahkan bagi siapa saja yang membawanya. Jangan sampai salah pilih dan akhirnya mati gaya atau yang paling apes justru menjadi beban.

Ada banyak alasan kenapa koper kemudian menjadi satu kebutuhan wajib saat traveling. Selain mampu menampung barang dibawa tentu juga bisa menjaga benda-benda tersebut tetap baik-baik saja.

Menjadi penting sebelum memutuskan membeli koper yang bagus untuk tahu seberapa sering akan digunakan dan kemana saja tujuan dipilih.

Meski kata bagus itu sifatnya relativitas tapi ada baiknya bagi kamu untuk pahami 5 tips membeli koper untuk traveling berikut ini sebelum memutuskan koper mana yang kelak menjadi teman terbaik:

1. Jenis Koper

Seperti kita tahu, jenis koper ada banyak dan semua itu menjadi alternatif atau pilihan saat hendak traveling. Satu tempat dengan tempat lain mungkin bisa jadi akan membutuhkan jenis koper yang berbeda.

Dengan memahami jenis koper maka kita akan diuntungkan karena apa yang ada bisa dioptimalkan. Secara umum koper dapat dibagi menjadi 2 jenis, berupa koper softcase dan koper hardcase.

Masing-masing miliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk koper hardcase relatif bisa memberikan perlindungan lebih baik daripada softcase. Selain itu koper jenis ini jauh lebih mudah dibersihkan karena cukup dilap saja.

Akan tetapi produk ini juga miliki kelemahan dimana koper ini mudah retak atau pecah. Dan paling sering terjadi tentu saja muncul goresan.

Bila koper hardcase dipilih maka ada baiknya dari bahan polycarbonate. Selain kuat bahan ini juga relatif lebih ringan.

Sementara itu bila pilih koper softcase maka disarankan pilih yang terbuat dari bahan ballistic nylon. Koper ini dikenal bisa diandalkan karena awet dan tidak mudah sobek.

Akan tetapi koper dari bahan ini akan sulit dibersihkan. Terutama bila kena noda membandel dan tidak segera dicuci.

2. Jumlah Roda

Koper pada umumnya terdiri dari 2 atau 4 roda dan masing-masing miliki kelemahan dan kelebihan. Sangat disarankan, mereka yang banyak pindah tempat dari satu kota ke kota lain untuk pilih koper dengan 4 roda. Adanya roda di ujung-ujung koper ini memudahkan untuk pergerakkan.

Sementara itu bagi mereka yang mungkin hanya di satu kota dan tidak pindah-pindah maka cukup dengan 2 roda saja. Seperti kita tahu koper 2 roda hanya bisa kita tarik dan tidak bisa bergerak bebas.

3. Model Handle Koper

Bagi mereka yang sering traveling dengan intensitas lebih tentu akan merasakan bagian yang paling sering rusak adalah bagian handle koper. Oleh karena itu pilih yang benar-benar kokoh agar koper tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Terlihat sederhana bukan, tapi poin ini akan memberi kenyamanan bagi siapa saja untuk bisa traveling dengan nyaman. Sebisa mungkin pilih koper dengan handle yang miliki 2 bar untuk menjaga tetap berfungsi optimal

4. Sistem Penguncian

Sistem penguncian ini bukan hanya tentang gembok yang disematkan pada koper. Lebih dari itu juga sangat penting untuk memperhatikan retsleting dan sebisa mungkin pilih ukuran besar dan terlihat kokoh.

Terutama mereka yang sering membawa barang cukup banyak dan memaksa semua barang masuk koper. Jangan sampai retsleting berukuran kecil dan kemudian jebol.

Sangat disarankan pula bagi mereka yang inginkan koper bagus untuk pastikan koper miliki kunci standar TSA (Travel Sentry Approved). Aturan ini berlaku wajib saat kamu berkunjung ke wilayah Amerika dan Eropa.

5. Ukuran Koper

Tips memilih koper yang bagus selanjutnya tentu saja berkaitan dengan ukuran koper. Saat kita bepergian selama 3 hari tentu akan sangat berbeda bila sedang bepergian selama 1 minggu.

Untuk traveling jangka pendek bisa jadi koper seukuran kabin adalah pilihan terbaik. Namun bila ada rencana traveling jangka panjang maka ada baiknya cek lagi ukuran koper yang akan digunakan.

Menjadi penting pula untuk siapapun itu saat traveling tidak membawa barang yang tidak dibutuhkan. Selain menjadi beban selama diperjalanan tentu juga akan sangat merepotkan.

Bila beberapa tips memilih koper diatas sudah dipertimbangkan maka saatnya eksekusi di ceklist.id, koper yang paling pas sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada.

Comments are closed.