Traveling

Travel Blogger Itu Sesuatu Banget

Pinterest LinkedIn Tumblr

Buat kamu anak muda sudah saatnya lebih dekat dengan teknologi digital. Salah satu cara yang bisa ditempuh dan paling mudah tentu saja dengan menjadi seorang travel blogger.

Travel Blogger Itu Sesuatu Banget
pixabay.com

Satu cara untuk mendokumentasikan apa yang dilihat, dengar dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam kaitan perjalanan atau traveling.

Saat ini jujur saja siapa yang tidak suka dengan kegiatan wisata atau traveling. Bisa di dalam kota, bisa juga keluar kota, bahkan secara virtual pun bisa.

Kenapa Harus Niche Travel

Salah satu tema atau niche paling mudah untuk ditulis tentu saja tentang traveling. Para pelaku bebas menulis dari sudut pandang manapun atas perjalanan yang telah dilakukan.

Lain dengan niche pendidikan, kesehatan atau teknologi yang membutuhkan akurasi dimana penulis harus memastikan informasi valid. Butuh keilmuan lebih tentunya untuk menulis tema-tema tersebut.

Berbeda dengan tema travel dimana siapapun bisa menulis dengan gaya masing-masing traveler. Cerita yang hampir pasti menyenangkan bisa dibagikan kepada siapa saja.

Meski perlu diakui kadang ada saja drama semisal ketinggalan pesawat, kereta atau bus. Tapi hal itu justru menjadi satu cerita yang menarik dan akan selalu dikenang.

Alasan Kamu Harus Menjadi Travel Blogger

Ada banyak alasan kenapa setiap orang harus menjadi travel blogger. Cara ini bisa jadi bukan hanya sekadar mendokumentasikan perjalanan.

Tapi lebih dari itu ada banyak manfaat lain yang bisa dirasakan baik langsung maupun tidak langsung.

Keuntungan menjadi traveller memiliki blog:

1. Mendokumentasikan Perjalanan

Hampir dipastikan semua orang suka jalan-jalan ke tempat yang baru. Selain itu pastinya ada ritus mendokumentasikan apa yang dilihat dalam jepretan kamera.

Lebih dari itu tentu akan lebih menyenangkan bila bisa berbagi dalam bentuk tulisan. Mengajak para pembaca untuk seolah-olah sedang bersama dalam sebuah perjalanan dan dipandu untuk mengenal lebih dekat.

Banyak informasi menarik bisa dibagikan kepada pembaca. Bukan saja keindahan, tapi bisa jadi sejarah atau sisi lain yang jarang diketahui tapi layak diulik.

2. Mengasah Kemampuan untuk Menulis dan Fotografi

Saat ini dalam dunia blogging tidak lagi hanya mengandalkan kekuatan tulisan saja. Foto juga telah menjadi bagian penting dalam sebuah alur cerita.

Ingat satu foto bisa jadi seribu cerita. Hal ini karena masing-masing yang melihat akan menggunakan sudut pandang yang berbeda.

Butuh kemampuan yang baik untuk selaraskan antara tulisan dengan foto. Semua itu hanya akan bisa bersinergi bila ada keinginan untuk terus belajar dan berlatih.

3. Termotivasi untuk Terus Melakukan Travelling

Banyak alasan tiap orang kenapa suka jalan-jalan. Paling sering ditemukan karena memiliki kesempatan untuk melihat dan merasakan hal baru.

Bisa jadi pengalaman tersebut tidak akan ditemukan bila seseorang hanya akan berdiam diri di rumah. Dengan melakukan kegiatan traveling tentunya wawasan juga akan terus bertambah.

Bagai sebuah candu dimana keinginan itu akan terus ada. Motivasi untuk melihat dunia lebih luas hingga jauh disana. Diawal alangkah baiknya untuk lebih memilih traveling dalam negeri karena nusantara menyimpan sejuta keindahan.

4. Hobi yang Dibayar

Pernah berpikir ada hobi yang dibayar maka ini adalah bukti nyata. Kini banyak ditemukan mereka para travel blogger yang mendapat uang saku untuk melakukan perjalanan.

Dulu mungkin jarang kita temukan mereka yang memiliki hobi dan mendapat sponsor untuk menuntaskan hasrat. Tapi kini tidak lagi, banyak kisah sukses para travel blogger yang bisa melakukan traveling dan tetap bisa hidup nyaman.

Di awal mungkin harus keluar biaya sendiri. Namun seiring berjalannya waktu maka banyak pihak yang percaya bahwa orang-orang ini layak untuk dipilih dan diberi tugas sesuai dengan passion-nya.

5. Memperkenalkan Keindahan Indonesia

Kamu ngaku cinta tanah air dan ini bisa jadi menjadi cara paling tepat untuk membuktikan. Lakukan kegiatan ini sembari bercerita tentang apa saja yang ditemui.

Keindahan Indonesia ini bukan hanya berkaitan dengan alamnya saja. Tapi lebih dari itu masih ada seni, budaya, kearifan lokal dan lain-lain. Masing-masing hal menarik ini pastinya bisa diceritakan agar lebih diketahui dunia luar.

Ingat indonesia itu sangat luas dan bisa jadi dalam waktu satu tahun melakukan perjalanan pun belum bisa mengulas satu-satu. Pilih tujuan wisata paling diinginkan dan kemudian ceritakan dengan sepenuh hati.

Mereka, para travel blogger cukup punya andil dan menjadi media efektif promosikan keindahan tanah air.

6. Sumber Penghasilan

Level yang lebih tinggi dari sekadar hobi yang dibayar pastinya adalah sumber penghasilan. Satu profesi yang anti mainstream dan cukup banyak yang melirik.

Di saat yang lain ingin jadi ASN atau pegawai perusahaan bonafit masih ditemukan mereka yang berani beda. Menjadi seorang travel blogger dan menghasilkan telah dibuktikan oleh beberapa blogger tanah air.

Salah satu yang cukup populer dikalangan blogger travel pastinya ada nama Trinity si empunya The Naked Traveler. Sosok luar biasa ini bisa dikatakan pencetus travel blogger dan ia sudah pernah berkunjung ke hampir seluruh Indonesia.

Selain itu ia juga telah berkunjung ke puluhan negara di seluruh dunia. Tidak saja dituangkan dalam blog tapi juga telah dicetak dalam bentuk buku.

Bukti nyata bahwa travel blogger menjadi satu pilihan yang tepat bagi kamu yang bingung untuk memulai menjadi seorang blogger.

Saat ini untuk menjadi seorang blogger juga sangat mudah. Cukup beli domain dan hosting Indonesia maka siapapun sudah bisa memulai untuk menjadi seorang blogger.

Domain menjadi penting untuk diperhatikan karena mewakili entitas seseorang. Paling mudah pastinya dengan memilih nama pribadi yang sesuai dengan kartu identitas.

Cara ini juga bisa digunakan sebagai langkah praktis dalam personal branding. Agar orang lain lebih mudah mengenali diri kita tentunya.

Jangan lupa pastikan untuk pilih hosting murah yang memiliki server di Indonesia. Hal ini karena kita juga berada di negara ini sehingga jaraknya tidak begitu jauh.

Kini sudah tahu bukan bila menjadi travel blogger itu satu hal yang menyenangkan. Saatnya ambil kesempatan ini dan optimalkan untuk beberapa alasan diatas.

Bila alasan itu masih kurang maka silakan tambahkan versi kamu.

Write A Comment